Sunday, July 23, 2017

TIPS HILANGIN JERAWAT ! (AND MY ACNE STORY)

Hi, di post sebelumnya aku sedikit menulis tentang kulitku yang bermasalah akhir-akhir ini (which is sebenernya udah dari dulu cuman sekarang lagi kumat parahnya) yaitu Jerawat, Kasar, dan Kusam.

Jerawat itu udah jadi musuh besar aku sejak SMA, dan aku masih harus berperang sama jerawat sampai sekarang, karena jerawatku ini hormonal dan kulitku sangat sangat sangaaatt berminyak! (bayangin baru setengah jam cuci muka, lalu mukamu langsung kilap-kilap lagi karena minyakan)





Aku sampai harus ke dokter, ketika itu dokter menyarankan aku untuk minum pil seperti pil KB, untuk menyeimbangkan hormon + krim malam, setelah itu beneran langsung bersih mukaku, tapi gak lama kemudian dokternya sudah gak praktek dan obat penyeimbang hormon itu gak dijual bebas (lalu belakangan aku cari tahu lewat google, ternyata pil tersebut lumayan berbahaya untuk beberapa orang, weeeeww)

Setelah dari dokter, aku mencoba gonta-ganti facewash dan face cream namun gak ada hasil yang signifikan, karena kulit aku super badak dan kupikir kayaknya cocok sama obat yang keras keras (?)
lalu aku nyoba ganti dokter lagi, diberilah krim malam dan manjur (soalnya keras lol), tapi karena nemuin dokternya susah dan harus ngantri-ngantri, lalu aku berpikir untuk tidak bergantung pada dokter, dan nyari cara lain.

Demi apa... SUSAHHHH sekali merawatnya tanpa obat dokter, begitu periodku datang, muka langsung beruntusan jerawat batu ada yang besar dan kecil-kecil, aku sempat minder, stress dan depresi, karena aku dulu sering dibully karena jerawatan dan jelek (PLEASE NO BULLYING, ORANG JERAWATAN ADA YANG BUKAN KARENA JOROK BUT THERE'S MORE TO THAT)
Jerawat yang muncul karena jorok ya ada, dan itu termasuk yang mudah kalo kamu orangnya bersih ya bisa hilang, tapi ada juga jerawat yang walau kamu uda bersih, tapi kulitmu menuntut lebih :'(

sudah bedakan tapi jerawat besar masih terlihat :'(

Lalu, aku sekarang punya tips tips kompilasi yang aku dapatkan dari banyak sumber,

CARA CARA MELAWAN JERAWAT HORMONAL, dan manjur banget! Coba disimak, semoga manjur buat kamu juga <3


  1. Gosok-gosok jerawatmu pakai es batu, terutama yang belum muncul ke permukaan alias kayak baru mau muncul, cara ini agak lama dan hrus rutin, kadang bisa gagal kadang bisa manjur.
  2. Hindari Gula, coba puasa gula 1 minggu dan rasakan bedanya, ini agak sulit untukku karena aku suka banget makanan manis, apalagi kalau udah period, bawaannya stress kalo gak makan makanan manis, tapi harus dihindari !!
  3. Jangan Stress, wah ini susah, dan lingkaran setan banget karena kalau kamu jerawatan, kamu pasti jadi minder dan stress, akibatnya jerawat jadi semakin banyak. Kalau kamu makan makanan manis untuk menghilangkan stressmu, juga memicu jerawat. Lalu bagaimana? Caranya adalah...
  4. Makan buah-buahan seperti berries, jeruk, jambu biji, yang mengandung banyak vitamin C untuk kulit, (ini masih belum aku rutinin sih hehehe tapi kalau aku inget, aku pasti cari)
  5. OLAHRAGA, selain bikin diet kamu terjaga, bikin kamu langsing, tapi juga mendetox tubuh kamu lewat keringat yang dikeluarkan serta olahraga menghilangkan stress juga. Cari olahraga yang menarik dan menambah komunitas kamu, sehingga kamu lebih semangat dan gak males olahraga
  6. Bantal, Guling, HP HARUS HIGINIS, ini 2nd Culprit dari jerawat hormonal yang gak kalah penting karena semua langsung berhubungan sama kulit wajah kamu, solusinya aku biasanya menyemprotkan alkohol 70% ke bantal guling dan hpku, lalu tiap 2 minggu ganti sprei dan sarungnya (ada yang menyarankan 2 hari sekali diganti tapi aku terlalu lelah untuk itu...)
  7. Minum air putih yang banyak, sangat penting yah air putih itu buat nyuci dan detox seluruh badan kita, tbh, aku juga masih suka miss ini karena sering lupa, yah....
  8. Bedain Handuk Wajah dan Handuk Badan, sisa sisa sampo dan sabun badan, sisa conditioner, tonic rambut dan vitamin rambut (mungkin), lalu kamu tempelin ke muka kamu malah akan memicu jerawat semakin banyak, beli handuk kecil khusus muka lalu ganti 2 hari sekali (tbh, ini aku juga masih suka miss untuk mengganti)
  9. Hindari Dairy Foods, ini juga banyak orang yang menganjurkan, susu telur dan keju, aku masih sangat sangat sering miss ini karena dairy foods is my favorite, tpi skrg aku hanya mengurangi :'( ini masih sangat sulit buatku
  10. Jangan Pegang Pegang Mukamu, ini buat yang sering fidgeting, garuk garuk pipi, hentikaann itu semua, aku dulu sangat sering pegang muka dan setelah jarang pegang, jerawatku sangat mendingan jauh sekali. Ini sangat susah buat yang jerawatnya masih banyak dan terasa gatal tapi coba diolesin gel topikal supaya gatalnya berkurang dan kamu jadi ga fidgeting lagi


Itu aja yang sekarang aku lakukan, tapi aku lebih menekankan pada No. 2,3,7 dan 9 yang khusus membasmi jerawat dari dalam, sisanya se-higinisnya kamu aja.
Jerawat Hormonal itu memang lebih sulit ngerawatnya karena higinis saja gak cukup, tapi kamu harus menyeimbangkan hormon :(
tapi jerawatku lebih banyak berkurang ketimbang sebelum aku melakukan hal hal tersebut
(biasanya jerawatku makin parah karena aku suka nakal makan makanan manis hehehe)



SEMANGAT KAMU PASTI BISA

See you on the next post <3













No comments:

Post a Comment

Xion Xiu Blog